Tahap Akademik

Capaian Pembelajaran Sikap 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada nergara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Mampu bertanggung gugat terhadap pekerjaannya meliputi kemampuan menerima tanggung gugat terhadap keputusan dan tindakan rofessional sesuai dengan tanggungjawabnya, dan hukum/peraturan perundangan
  12. Memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat seseorang, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh dalam kapasitas sesuai dengan lingkup tanggung jawabnya

Capaian Pembelajaran Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teori keperawatan
  2. Menguasai konsep teori ilmu biomedik
  3. Menguasai teknik, prinsip dan prosedur pelaksanaan asuhan dan praktik keperawatan pada bidang keilmuan keperawatan dasar, keperawatan klinik, keperawatan komunitas dan keperawatan bencana
  4. Menguasai konsep dan teknik penegakkan diagnosis asuhan keperawatan;
  5. Menguasai konsep teori komunikasi terapeutik
  6. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik penyuluhan kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan penyakit pada level primer, sekunder dan tertier
  7. Menguasai prinsip dan prosedur bantuan hidup dasar (basic life support)
  8. Menguasai konsep dan prinsip manajemen keperawatan secara umum dan dalam pengelolaan asuhan keperawatan kepada klien
  9. Menguasai pengetahuan factual tentang sistem informasi asuhan keperawatan dan kesehatan;
  10. Menguasai metode penelitian ilmiah
  11. Menguasai kode etik keperawatan

 Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hsil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun diluar lembaganya
  7. Mampu bertanggungawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus

  1. Mampu menegakkan diagnosis keperawatan dengan kedalaman dan keluasan terbatas berdasarkan analisis data, informasi, dan hasil kajian dari berbagai sumber untuk menetapkan prioritas asuhan keperawatan
  2. Mampu menyusun perencanaan asuhan keperawatan sesuai standar asuhan keperawatan dank ode etik perawat, yang peka budaya, menghargai keragaman etnik, agama dan faktor lain dari klien individu, keluarga dan masyarakat
  3. Mengaplikasikan asuhan keperawatan sesuai standar asuhan keperawatan dan kode etik perawat
  4. Menguasai teknik keselamatan pasien (patient safety)
  5. Mampu melaksanakan prosedur penanganan bantuan hidup dasar (basic life support)
  6. Menguasai teknik pemberian obat oral, topical, nasal, parenteral, dan supositoria sesuai standar pemberian obat dan kewenangan
  7. Menguasai teknik komunikasi terapeutik;
  8. Mampu melakukan studi kasus dengan cara refleksi, telaah kritis, dan evaluasi
  9. Menguasai SOP penanganan bencana;
  10. Mampu melakukan penelitian dalam bidang keperawatan untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi
  11. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program promosi kesehatan, untuk mengurangi angka kesakitan, meningkatkan gaya hidup dan lingkungan yang sehat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *