Tahap Profesi

Capaian Pembelajaran Umum

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Menunjukkan sikap religius
  3. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  4. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  5. Berperan sebagai warga negara yang memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain
  7. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  8. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  9. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  12. Mampu bertanggung gugat terhadap praktik professional meliputi kemampuan menerima tanggung gugat terhadap keputusan dan tindakan professional sesuai dengan lingkup praktik di bawah tanggungjawabnya, dan hukum/peraturan perundangan
  13. Mampu melaksanakan praktik keperawatan dengan prinsip etik dan peka budaya sesuai dengan Kode Etik Perawat Indonesia
  14. Memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak klien untuk memilih dan menentukan sendiri asuhan keperawatan dan kesehatan yang diberikan, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh dalam kapasitas sesuai dengan lingkup tanggung jawabnya.

 Capaian Pembelajaran Pengetahuan

  1. Menguasai teori aplikasi keperawatan
  2. Menguasai teori aplikasi ilmu biomedik
  3. Menguasai teknik, prinsip dan prosedur pelaksanaan asuhan dan praktik keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok pada bidang keilmuan keperawatan dasar, keperawatan klinik, keperawatan komunitas, dan keperawatan bencana
  4. Menguasai teknik penegakkan diagnosis asuhan keperawatan
  5. Menguasai teknik komunikasi terapeutik
  6. Menguasai prinsip dan teknik penyuluhan kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan penyakit pada level primer, sekunder dan tertier
  7. Menguasai prinsip dan prosedur bantuan hidup lanjut (advance life support) dan penanganan trauma (basic trauma cardiac life support/BTCLS)
  8. Menguasai prinsip manajemen keperawatan secara umum dan dalam pengelolaan asuhan keperawatan kepada klien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan
  9. Menguasai pengetahuan faktual tentang sistem informasi asuhan keperawatan dan kesehatan
  10. Menguasai prinsip-prinsip K3, hak dan perlindungan kerja ners, keselamatan pasien dan perawatan berpusat atau berfokus pada pasien
  11. Menguasai metode penelitian ilmiah

 Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

  1. Melakukan praktik keperawatan, dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya
  2. Membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif
  3. Menyusun karya di bidang keahliannya berdasarkan kaidah rancangan dan prosedur baku, serta kode etik profesinya, yang dapat diakses oleh masyarakat akademik
  4. Mengomunikasikan pemikiran/argumen yang bermanfaat bagi pengembangan profesi, dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi keperawatan
  5. Meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja
  6. Bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengan kode etik profesinya
  7. Melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat
  8. Memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya
  9. Bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya
  10. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya
  11. Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya
  12. Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.

 

 Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus

  1. Mampu memberikan asuhan keperawatan yang lengkap dan berkesinambungan yang menjamin keselamatan klien (patient safety) sesuai standar asuhan keperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan
  2. Mampu memberikan asuhan keperawatan pada area keperawatan dasar, keperawatan klinik, keperawatan komunitas, sesuai dengan delegasi dari ners spesialis
  3. Mampu melaksanakan prosedur penanganan trauma dasar dan jantung (basic trauma and cardiac life support/BTCLS) pada situasi gawat darurat/bencana sesuai standar dan kewenangannya
  4. Mampu memberikan obat oral, topical, nasal, parenteral, dan supositoria sesuai standar pemberian obat dan kewenangan yang didelegasikan
  5. Mampu menegakkan diagnosis keperawatan dengan kedalaman dan keluasan terbatas berdasarkan analisis data, informasi, dan hasil kajian dari berbagai sumber untuk menetapkan prioritas asuhan keperawatan
  6. Mampu menyusun dan mengimplementasikan perencanaan asuhan keperawatan sesuai standar asuhan keperawatan dan kode etik perawat, yang peka budaya, menghargai keragaman etnik, agama dan faktor lain dari klien individu, keluarga dan masyarakat
  7. Mampu melakukan tindakan asuhan keperawatan atas perubahan kondisi klien yang tidak diharapkan secara cepat dan tepat dan melaporkan kondisi dan tindakan asuhan kepada penanggung jawab perawatan
  8. Mampu melakukan evaluasi dan revisi rencana asuhan keperawatan secara regular dengan/atau tanpa tim kesehatan lain
  9. Mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan/atau keluarga /pendamping/penasehat untuk mendapatkan persetujuan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya
  10. Mampu melakukan studi kasus secara teratur dengan cara refleksi, telaah kritis, dan evaluasi serta peer review tentang praktik keperawatan yang dilaksanakannya
  11. Mampu melaksanakan penanganan bencana sesuai SOP;
  12. Mampu melakukan upaya pencegahan terjadinya pelanggaran dalam praktik asuhan keperawatan
  13. Mampu mengelola sistem pelayanan keperawatan dalam satu unit ruang rawat dalam lingkup tanggungjawabnya;
  14. Mampu melakukan penelitian dalam bidang keperawatan untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi
  15. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program promosi kesehatan, melalui kerjasama dengan sesama perawat, profesional lain serta kelompok masyarakat untuk mengurangi angka kesakitan, meningkatkan gaya hidup dan lingkungan yang sehat.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *