Profil PSIK-NERS

Program Studi Ilmu Keperawatan-Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada yang berlokasi di Jln. Syech Abdul Somad N0.28 (depan kantor walikota) Kelurahan 22 Ilir, Palembang 30131 Sumatera Selatan Telp. (0711) 357378, Fax. (0711) 365533, http//:www.binahusada.ac.id. Program Studi Ilmu Keperawatan-Ners STIK Bina Husada merupakan salah satu pendidikan tinggi keperawatan di Sumatera Selatan khususnya di kota Palembang menyelenggarakan pendidikan profesi. Pendidikan Program Studi Ilmu Keperawatan-Ners menghasilkan lulusan perawat yang mampu memberikan pelayanan keperawatan berdasarkan ilmu dan teknologi dan etika keperawatan dengan menggunakan metodologi keperawatan berdasarkan etika keperawatan.

Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka mahasiswa difasilitasi dengan proses pembelajaran secara berkesinambungan antara konsep dan teori yang didapat di kelas dan mendapatkan pengalaman belajar di lahan praktik baik klinis ataupun lapangan sehingga menjadi terampil dan ahli dalam memberikan pelayanan keperawatan.

Profil merupakan peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi di masyarakat atau dunia kerja. Adapun profil lulusan Program Studi Ilmu Keperawatan-Ners adalah sebagai:

  1. Care Provider (Pemberi asuhan keperawatan)

Perawat sebagai individu maupun tim memberikan pelayanan keperawatan/kesehatan kepada klien (individu, keluarga, dan komunitas) berdasarkan keilmuan yang dimiliki dengan senantiasa mempertimbangkan aspek legal dan etis.

  1. Communicator (Interaksi dan transaksi dengan klien, keluarga, dan tim kesehatan)

Perawat sebagai pemberi pelayanan kesehatan mampu menampilkan kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif-terapeutik terhadap klien (individu, keluarga, dan komunitas) serta kemampuan membangun komunikasi dengan rekan sejawat dan tim pelayanan kesehatan lain.

  1. Educator dan health promoter (Pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien, keluarga dan masyarakat)

Perawat sebagai pemberi pelayanan kesehatan mampu menyediakan dan mengimplementasikan program promosi kesehatan bagi klien (individu, keluarga, dan komunitas), untuk mengurangi angka kesakitan, meningkatkan gaya hidup dan lingkungan yang sehat

  1. Manager dan leader (Manajemen praktik/ruangan pada tatanan rumah sakit maupun masyarakat)

Perawat sebagai bagian dari sistem pelayanan kesehatan harus mampu mengelola sistem pelayanan keperawatan dalam satu unit ruang rawat rumah sakit maupun masyarakat dalam lingkup tanggungjawabnya;

  1. Researcher (Peneliti )

Perawat sebagai profesional harus mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikandan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *